02 November 2008

Wisuda UM


WISUDAWAN DENGAN NILAI

Wisuda adalah salah satu acara seremonial untuk melepas para wisudawan yang akan terjun ke masyarakat dengan berbagai kapasitasnya. Yang berarti ia telah dikukuhkan sebagai seorang “sarjana” yang arif, bijaksana, berkemampuan intelaktual tinggi, bermoral dan bertanggung jawab. Sarjana adalah pemimpin dan sebagai manusia multi nilai, sebagai seorang pemimpin seorang sarjana harus mempunyai kemampuan menajerial untuk memecahkan masalah di bidangnya, pada lingkungan sosial dan bisa dipertanggung jawabkan kep[ada Tuhan Yang Maha Esa.

Nah, lantas kapan para wisudawan akan mementingkan pribadinya, padahal bagi mahasiswa S1 yang diwisuda saat ini banyak yang belum mempunyai pekerjaan tetap, dan bahkan ada yang masih akan mencari pekerjaan. Pada saat digembleng di Kawah Candradimuka (kampus UM), para mahasiswa telah diberi kesempatan untuk mengembangkan diri menjadi mahasiswa yang mempunyai multi ketrampilan. Sebagai bukti UM telah menyiapkan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ormawa, media tulis-menulis yang dapat di pilih oleh semua mahasiswa, untuk melengkapi kehidupan yang bersifat “life skill”. Selain itu ia juga diberi bekal, pengetahuan, sikap, dan ketrampilan pada bidangnya masing-masing di setiap program studinya.

Sejujurnya, kita perlu menciptakan keteladanan. Wisudawan dengan multi nilai, mempunyai arti bahwa kita sebagai wisudawan harus menjadi sosok yang sederhana, didukung dengan dimensi spiritual, dimensi moral, dimensi manajerial.

Dan akhirnya saya mengucapkan selamat kepada semua para wisudawan. Semoga anda menjadi wisudawan dengan multi nilai dan ilmu yang telah ditempa dan dapat bermanfaat bagi kehidupan anda, bangsa, dan negara.

3 komentar:

  1. waduh bang wisudaku ga menyenangkan blas..

    salam kenal alumni

    BalasHapus
  2. tambahin lowongan kerja yaa
    ni rss nya http://lowongan.fokusoha.com/?feed=rss2
    jadi dapat banyak pengunjung di web mas

    BalasHapus

Saran dan kritik anda sangat saya harapkan untuk memperbaiki apa yang telah saya mulai.